Komputer sebagai Teknologi Komunikasi dan Informasi


Teknologi adalah suatu proses ketika manusia membuat alat atau mesin untuk mempermudah dalam mengolah alam sekitarnya. Istilah teknologi saat ini memunculkan dua istilah, yaitu teknologi komunikasi dan teknologi informasi. Kedua istilah tersebut sebenarnya berbeda, namun seringkali dianggap sama oleh masyarakat awam. Teknologi komunikasi diartikan sebagai proses penciptaan alat yang digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan penguasaan dan pengolahan informasi. Sedangkan teknologi informasi diartikan sebagai pemrosesan, pengolahan, dan penyebaran informasi oleh kombinasi komputer dan teknologi telekomunikasi.

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia terhadap teknologi, semakin berkembanglah inovasi terhadap teknologi yang memungkinkan manusia mempermudah hidupnya. Inilah yang kemudian menyatukan teknologi komunikasi dan teknologi informasi dalam teknologi multimedia.



Teknologi komunikasi dan informasi yang sudah menjadi satu ini dicontohkan oleh teknologi komputer. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer yang sangat familier dengan kehidupan kita sekarang, dulunya hanya berupa teknologi informasi saja. Hal itu dikarenakan, pada awal perkembangnnya komputer hanyalah sebagai alat bantu manusia dalam memecahkan perhitungan aritmatika. Selanjutnya, komputer banyak digunakan manusia untuk mengolah informasi.



Komputer dikatakan sebagai teknologi informasi adalah ketika menusia menggunakan komputer untuk perhitungan, penciptaan program-program, membuat grafis/gambar-gambar, dan lain-lain. Komputer disebut sebagai teknologi informasi karena digunakan sebagai sarana untuk mengolah data-data. Orang-orang memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia.



Komputer dikatakan sebagai teknologi informasi adalah ketika manusia menggabungkan komputer dengan teknologi internet yang memungkinkan manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lain. Teknologi internet ini juga membawa nilai-nilai sosial dalam penggunaannya karena adanya otoritarisasi, individualisasi, dan banyaknya pilihan di dalamnya. Internet jugalah yang memudahkan manusia mendapatkan informasi di berbagai penjuru dunia.



Bergabungnya komputer dengan internet ini sekaligus menggabungkan teknologi komunikasi dan informasi menjadi satu. Manusia dengan bermodalkan komputer dapat sekaligus mengolah, mendapatkan, dan menyebarkan informasi/data-data kepada manusia lain di tempat lain. Manusia tidak lagi memerlukan banyak benda untuk mendapatkan kedua teknologi dan informasi. Komputer dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam hal komunikasi dan informasi.

0 comments:

Sing Along Baby!


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

Abaout This Blog

I create this blog to share my mind and my opinion since there's no more freedom in RL world...

About Me

My photo
I write randomly, I act independently, I live my life passionately...