Kesimpulan: KEGALAUAN 3G DI INDONESIA


Pada dasarnya baik masyarakat Indonesia maupun operator jaringan telepon seluler belum siap menerima teknologi 3G. Masyarakat belum sepenuhnya mengerti mengenai fungsi teknologi itu sendiri. Mereka menggunakan teknologi hanya sebagai prestise tanpa tahu teknologi itu diciptakan untuk apa. Sedangkan operator telepon seluler belum menyediakan kapasitas yang cukup bagi aplikasi 3G. Lambatnya kecepatan dan mahalnya biaya akses adalah klemahan utama bagi pengembangan 3G ini. Jika hal ini tidak dibenahi maka percuma saja jika vendor-vendor telepon seluler ramai-ramai menciptakan handphone yang menunjang teknologi 3G. Pemanfaatannya jadi percuma jika hanya untuk sekedar gengsi perorangan.

Meski demikian, teknologi 3G memberikan berbagai kemudahan-kemudahan bagi masyarakat. 3G memungkinkan masyarakat untuk dapat melakukan hal-hal seperti nonton televisi ataupun video streaming dengan mudah. Penggunaan handphone 3G membuat masyarakat terus mobile tanpa harus pergi kemana-mana. Namun ironisnya, jika tidak terkontrol, pemanfaatan teknologi 3G dapat membuat masyarakat malas karena terlena dengan kemudahan-kemudahan yang ada.

Untuk mengantisipasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara pemberian pengertian dan pengenalan 3G kepada masyarakat. Apabila masyarakat dapat memperpleh pengetahuan yang cukup mengenai fungsi teknologi ini, maka dampak-dampak negative pun dapat diminimalisir. Teknologi memang memberikan kemudahan bagi masyarakat tapi jangan sampai kemudahan itu justru menghambat bagi kemajuan bersama.



Supported by:

Wulansroom.blogspot.com

Ziakheren.blogsome.com

Sweetcandle.blog-city.com

0 comments:

Sing Along Baby!


MusicPlaylistRingtones
Create a playlist at MixPod.com

Abaout This Blog

I create this blog to share my mind and my opinion since there's no more freedom in RL world...

About Me

My photo
I write randomly, I act independently, I live my life passionately...